FISIP UNS Gelar Kuliah Umum “Peran dan Tantangan Mahkamah Konstitusi Dalam Mewujudkan Hukum dan Politik Demokratis”

FISIP UNS Gelar Kuliah Umum “Peran dan Tantangan Mahkamah Konstitusi Dalam Mewujudkan Hukum dan Politik Demokratis”

Jumat, 03 Desember 2021 telah diselenggarakan Kuliah Umum dengan topik “Peran dan Tantangan Mahkamah Konstitusi Dalam Mewujudkan Hukum dan Politik Demokratis”. Kuliah umum ini mendatangkan narasumber dari Mahkamah Konstitusi yaitu Prof. Dr. Aswanto, SH., M.Si., DFM sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi dan juga Prof.Dr. Saldi Isra, S.H., MPA yang merupakan Hakim Konstitusi Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret. Tidak hanya dilaksanakan secara luring, kuliah umum ini juga diselenggarakan secara daring melalui Platform Zoom Meeting  dan Live Streaming Youtube.

Kegiatan Kuliah Umum ini dimulai pukul 09.00 WIB yang dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Kuliah Umum ini dilaksanakan dalam rangka penambahan wawasan mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Penelitian atau Riset dan Studi atau Proyek Independen. Dalam kegiatan ini Mahkamah Konstitusi dan FISIP UNS memberikan fasilitas kepada mahasiswa sebagai subjek pembelajar dengan keleluasaan dari domain ilmu yang lain. Dengan kegiatan ini diharapkan peserta kuliah umum terutama para dosen dan mahasiswa FISIP UNS dapat mendapatkan ilmu lebih banyak mengenai bagaimana konteks sosial, politik, komunikasi publik dan seni diplomasi dipraktikkan dalam domain keputusan hukum.

Kedepannya kerjasama ini diharapkan dapat terus berlanjut untuk mewujudkan Indonesia yang semakin hebat. Sesuai dengan tagline FISIP UNS “Leading The Future Society” siap menghasilkan pemimpin di masa depan yang berkualitas. (Humas/FISIP)