Hari Terakhir Pelaksanaan UNS Innovation Festival 2021

Hari Terakhir Pelaksanaan UNS Innovation Festival 2021

Selasa, 14 Desember 2021 merupakan hari terakhir dari serangkaian acara UNS Innovation Festival 2021. Pada hari terakhir ini dihadiri oleh Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dan juga Rektor Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. Beliau mendatangi beberapa stand yang berada di kegiatan tersebut, mulai dari stand inovasi, stand fakultas dan UMKM.

Acara UNS Innovation Festival 2021 hari terakhir ini diawali dengan opening ceremony Tari Merak dari Sanggar Tari Gogon. Setelah itu dilanjutkan dengan Laporan oleh ketua panitia yaitu Catur Sugiarto dan sambutan oleh ketua APINDO Iwan Kurniawan Lukmindo. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Walikota Solo yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kota Surakarta yaitu Tulus Widajat, S.E., M.Si. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan pesan dari Walikota Surakarta bahwa inovasi ini harus terus dikembangkan, pemerintah tidak bisa melaksanakan secara mandiri namun membutuhkan dukungan dan support dari berbagai pihak.

Opening Ceremony ini masih dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor yang diwakili oleh Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. selaku Wakil Rektor Riset dan Inovasi. Sambutan yang terakhir adalah sambutan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia secara virtual, yaitu Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.. Setelah dilakukan serangkaian pembukaan, acara UNS Innovation Festival 2021 dilanjutkan dengan peresmian secara simbolis UNS Innovation Festival, yang diwakili oleh Wakil Rektor Riset dan Inovasi, Kepala Bappeda Kota Surakarta, dan Ketua Panitia UNS Innovation Festival 2021. Acara UNS Innovation Festival secara resmi dibuka dengan ditandai oleh pemukulan gong. Lalu, acara dilanjutkan dengan berbagai agenda seperti launching apps Indonesia Direct hingga talkshow.

Dengan adanya UNS Innovation Festival ini dapat menjadi gerbang pembuka untuk Universitas Sebelas Maret dalam membantu UMKM yang ada di Surakarta agar dapat mengembangkan produk-produknya. Selain itu, juga bisa membantu mengembangkan produk-produk karya mahasiswa/i ataupun dosen dari Universitas Sebelas Maret. (HUMAS/FISIP)